Hasil Pemilu 2024, PKS Optimistis Tambah 1 Kursi DPRD Klaten di Dapil II

advertise here


PKS Ngawen - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) optimistis mengamankan dua kursi DPRD Klaten di Daerah Pemilihan (Dapil) II pada Pemilu 2024. Perolehan suara partai tersebut di Dapil II pada Pemilu 2024 ini meningkat.

Ketua Fraksi PKS DPRD Klaten, Widodo, mengatakan saat ini di masing-masing DPC PKS sedang melakukan penghitungan berdasarkan formulir C1 atau sertifikat hasil dan perincian penghitungan suara di TPS. Dari kompilasi data sementara yang terkumpul, Widodo optimistis suara PKS di Dapil II Klaten meningkat.

“Masih ada beberapa lagi suara yang belum terekap. Namun, saat ini di Dapil II perolehannya sudah 19.000 suara dan ini berpotensi terus naik. Ini meningkat dibandingkan Pemilu 2019 yang sebanyak 16.000 suara untuk Dapil II,” Widodo yang juga Caleg DPRD Klaten dari PKS di Dapil II saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (16/2/2024).

Dari perolehan tersebut, PKS yakin sudah mengamankan tiket satu kursi di Dapil II. Bahkan Widodo yakin PKS berpeluang meraih tambahan satu kursi sehingga menjadi dua kursi di dapil tersebut.

Pada Pemilu 2019, PKS meraih satu kursi DPRD Klaten di Dapil II. Pada Pemilu 2024 alokasi kursi DPRD Klaten di Dapil II bertambah dibandingkan Pemilu 2019 dari semula 10 kursi menjadi 11 kursi.

Wilayah Dapil II Klaten meliputi Jogonalan, Gantiwarno, Prambanan, Karangnongko, Manisrenggo, dan Kemalang. “Kami optimistis dapat dua kursi di Dapil II. Namun, kami tetap menunggu hasil resmi dari penghitungan KPU,” jelas Widodo.

Disinggung faktor yang mempengaruhi peningkatan suara PKS di Dapil II pada Pemilu kali ini, Widodo menjelaskan salah satunya PKS konsisten menjadi partai yang melayani masyarakat.

“Dalam tataran strategi dengan memilih cara gaya bahasa lebih dekat, bisa dicerna masyarakat dan itu tertangkap dengan baik. Di Dapil II ini karakteristiknya unik mulai dari wilayah lereng perbukitan di selatan hingga lereng Gunung Merapi. Tentu memiliki karakteristik yang berbeda,” jelas Widodo.

Widodo mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi PKS yakni tuduhan atau stigma yang menurut beberapa kalangan PKS sebagai parpol yang eksklusif. “Ternyata tuduhan itu tidak benar dan nyatanya kami bisa diterima dengan baik. Saat awal-awal memang stigma itu sangat kuat,” kata Widodo.

Sebagai informasi, total kursi DPRD Klaten sebanyak 50 kursi. Dapil DPRD Klaten dibagi dalam lima dapil yakni Dapil I ada 11 kursi, Dapil II juga 11 kursi, Dapil III delapan kursi, dapil IV sembilan kursi, dan Dapil V ada 11 kursi. Sementara, jumlah total pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 971.518 orang yang tersebar di 4.198 TPS.