Mengenal lebih dekat keluarga wakil ketua DPRD solo Abdul Ghofar Ismail

advertise here

Mengurus anak agar menjadi anak yang soleh membutuhkan perjuangan. Apalagi jika anak lebih dari satu, maka kerepotan tentunya tidak akan sedikit. Namun ternyata ini tidak menjadi masalah bagi9 keluarga Abdul Ghofar Ismail, Wakil Ketua DPRD Solo (42). Bersama istrinya Khusnani Hayati (43), dia mendidik putra putrinya yang berjumlah 6 orang. Keluarga ini berprinsip selalu bersandar kepada Sang Pencipta saat mendidik anak. Tentunya kepasrahan ini juga dibarengi dengan usaha seoptimal mungkin untuk menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah.

Dalam membina rumah tangga, menurut Ghofar, dia dan istrinya selalu menjadikan Al Qur'an dan Sunnah sebagai rujukannya. Segala permasalahan yang ada baik antara istri dan suami ataupun antara orang tua dengan anak-anak selalu diselesaikan dengan merujuk Qur'an dan Sunnah. Keterbukaan dan selalu menjalin komunikasi yang baik juga selalu dilakukan untuk menjadikan rumah tangganya harmonis.

"Sebagai orang Islam, saya selalu mengacu kepada Qur'an dan Sunnah dalam membina rumah rangga," kata Ghofar.

Dikatakannya, dalam menerapkan pendidikan kepada enam orang anaknya, dia pun berupaya memahami perasaan anaknya. Kepada anaknya yang sudah menginjak remaja, orangtua terkadang harus menyelami bagaimana perasaan menjadi remaja jaman sekarang. Sedangkan bagi anaknya yang masih kecil, dia juga harus bisa memahami perasaan si kecil.

"Harus pandai-pandai berperan, namanya anak banyak memiliki keinginannya sendiri-sendiri," jelasnya.

Sebagai anggota dewan tentunya Ghofar memiliki kesibukan yang cukup banyak. Tetapi, semuanya itu tak lantas memaksanya meninggalkan perhatian kepada anaknya. Dalam mendidik anak-anak, dia juga banyak belajar dan bertanya kepada orang-orang lain. Sharing pengalaman dengan teman atau saudara juga diperlukan.

Dengan menerapkan pendidikan yang baik tak heran keenam anaknya kini menjadi anak-anak yang dekat dengan Al Qur'an. Anak pertamanya, Sa'dullah M Adib Ma'muli (17) kini sudah hafal beberapa juz Qur'an, Putri kedua, Umniyyati Izzatul Islam (14) juga tak kalah dalam menyelesaikan beberapa hafalan Qur'annya. Pun juga putra ketiga Safirulhaq Al Wafy Ma'muli (12), anak keempat, Syihabulhaq Al Afif Ma'muli (9), anak kelima Umniyati Wafidatuz Zahidah (8) dan si bungsu Umniyati Syifaurrohim El Tsabita (3).

*Dikutip dari Harian Joglosemar, Ahad (1/3)